Beranda | Artikel
Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 16 Maret 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Rekaman video: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. – Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi dari Buku Aktualisasi Akhlak Muslim

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi

Menegakkan keadilan berarti menjauhi kezaliman dengan sejauh-jauhnya. Kezaliman itu sendiri merupakan rangkaian kegelapan yang akan menggelapkan kehidupan dunia dan akhirat. Karenanya, berhentilah dari segala bentuk kezaliman.

Dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman:

يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلَا تَظَالَمُوا

“Wahai hambaKu, sesungguhnya Aku haramkan perbuatan zalim atas diriKu dan Aku haramkan kezaliman di antara kalian. Maka itu, janganlah kalian saling menzalimi.”

Kezaliman akan menimbulkan kegelapan dalam hati. Jika hati telah gelap, ia bimbang dan dihantui rasa sempit. Akibatnya hidayah dan penglihatan batin memudar, lalu berakhir dengan kerusakan.

Setiap kali terdorong untuk menzalimi orang lain, ingatlah selalu bahwa Allah lah yang membela orang itu. Takutlah akan doanya, karena melalui doa tersebut Allah akan menolongnya. Sungguh, tidak ada satu penghalang pun bagi terkabulnya doa orang yang terzalimi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

واتق دعوة المظلوم، فإنه ليس بينه وبين الله حجاب

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat adil dan kezaliman ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12207-jauhilah-kezaliman-dan-takutlah-akan-doa-orang-yang-terzalimi-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma